Kamis, 20 Januari 2011

Keyword dan Fungsi Dasar dalam C++

Keyword dan Fungsi Dasar dalam C++

Keyword adalah kata kunci yang digunakan dalam pemrograman untuk fungsi-fungsi tertentu. Dalam pemrograman c++ keyword dikenali oleh compiler dengan cara mendeklarasikan file headernya, tetapi ada juga keyword yang tidak perlu untuk mendeklarasikan file header. keyword merupakan pernyataan singkat dan mempunyai fungsi tertentu sehingga sangat fleksibel dan mudah dalam penggunaan dalam pemrograman. Berikut merupakan keyword dasar dalam c++.

a. break

Pernyataan ini berfungsi untuk keluar dari suatu statement, baik statement pengecekan ataupun perulangan. Break sering digunakan dalam pengecekan switch dimana break disini bertugas untuk keluar dari case, sedangkan bila digunakan dalam kondisi perulangan maka break akan memindahkan eksekusi program berikutnya pada kondisi diluar perulangan.

Catatan : continue hanya dapat digunakan pada statement perulangan, dan pada pengecekan kondisi switch

b. Continue

Pernyataan continue merupakan kebalikan dari pernyataan kondisi break, tetapi dalam penggunaannya continue berfungsi untuk mengembalikan pada kondisi awal ketika melakukan suatu statement.

Catatan : continue hanya dapat digunakan pada statement perulangan

c. goto

goto merupakan suatu intruksi / perintah untuk menuju kebaris program yang dituju biasanya ditandai dengan tanda :, misalnya sebuah label dicky :, maka goto dicky : akan mengarahkan program ke dicky dan akan mengeksekusi program berikutnya setelah pernyataan dicky.

d. gotoxy

Pernyataan ini berfungsi untuk mengarahkan cursor kearah yang ditunjuk oleh koordinat x dan y dilayar output.

Bentuk umum :

gotoxy(x,y)

ket :

x : menunjuk posisi koordinat x pada layar (kolom)

y : menunjuk posisi koordinat y pada layar (baris)

e. exit

exit merupkan pernyataan yang berfungsi untuk keluar dari program, dimana kita memberikan nilai 0, misalnya exit(0), pernyataan exit dapat dijalankan apabila kita menambahkan header stdlib.h


Contoh Program

Penggunaan goto

Output

jika nilai yang dimasukkan 1-100


Jika nilai yang dimasukkan lebih dari 100

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar dengan bijak dan jangan sampai komentar anda masuk dalam {COMMENTS SPAM}. Thanks