Selasa, 08 Februari 2011

Ketika McAfee N AVG tidak bisa Mengusir Virus ‘autorun.inf’

Akhirnya saya browsing ke Internet, cari artikel yang berhubungan dengan virus tersebut. Dari sejumlah artikel saya mulai paham bahwa induk virusnya disembunyikan di dalam recycle bin dalam keadaan HIDE (disembunyikan). Bagaimana untuk menghilangkannya? Cobalah urutan langkah berikut:
  1. Ubah tampilan direktori (dari Folder, Tools, Folder Options, View). Ubahlah “Show hidden file”, matikan “hide extension for known file types”, matikan “hide protected operating system file”
  2. Coba masuk ke C:\RECYLER
  3. Jika virus ada disana, anda akan menemukan direktori seperti ini “S-1-5-21-1482476501-1757981266-682003330-1003″. Virus ada didalam direktori tersebut. Coba hapus! (Shift Del). Kemungkinan besar anda tidak akan bisa menghapusnya, karena file virus sedang aktif.
  4. Re-boot komputer anda, dan boot dengan SAVE MODE. Hapus direktori virus di dalam C:\RECYCLER
  5. Jangan masukan dulu flashdisk yang kemungkinan bervirus
  6. Install McAfee! Setelah ini, jika ada flashdisk yang bervirus jenis ini, akan dihapus dari flashdisk.
Saya belum menyelidiki berbagai cara masuk lainnya. Tapi, semoga sharing pengalaman ini bermanfaat!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Salam kenal..
Setelah baca tulisan ini, sy coba praktekkan langsung. Alhamdulillah, tidak perlu langkah ke-4 dst, krn file sdh bisa sy hapus. Kok bisa? WaLLAHU a'lam.
Untuk alternatif cara'y, bisa gunakan OS lain, misal: linux (seperti yg biasa sy pake). Qt bisa gunakan live cd saja, supaya tidak merubah instalasi pc/laptop. Kemudian buka explorer, cari & delete file tsb dengan shift+delete, berikut file2 yg dicurigai virus. Virus autorun biasanya hinggap di setiap partisi hardisk. Ia diiringi oleh file ber-extensi .exe yg bakal disembunyikan saat qt aktifkan pc/laptop menggunakan windows.
Semoga bermanfaat.
Wassalam.
http://www.seanaebae.wordpress.com/

Posting Komentar

Silahkan beri komentar dengan bijak dan jangan sampai komentar anda masuk dalam {COMMENTS SPAM}. Thanks