Kamis, 20 Januari 2011

Statement Pengecekan Kondisi (IF)

Statement pengecekan kondisi merupakan pengecekan logika apabila benar maka akan dijalankan dan salah maka akan menjalankan program selanjutnya. Jadi secara kasarnya statement pengecekan kondisi adalah merupakan logika pemrograman yang menjadi otak dari pemrograman itu sendiri. Dalam pengecekan kondisi kita dapat membandingkan 1 atau 2 kondisi dengan menggunakan batuan operator logika.

a. Struktur Kondisi IF

Bentuk Source :

If (kondisi)

Pernyataan

Ket :

Apabila kondisi bernilai benar, maka pernyataan dijalankan

Apabila kondisi bernilai salah, maka pernyataan tidak dijalankan

Apabila dalam satu kondisi pengecekan terdapat dua atau lebih pernyataan, maka harus menggunakan { pada pernyataan dan pada akhir pernyataan menggunakan tanda }.

Bentuk Source :

If (kondisi)

{ pernyataan_1;

pernyataan_2;

………………….

pernyataan_n;

}


a. Struktur Kondisi IF ELSE

Dalam kondisi struktur if ….. else terdapat 2 pernyataan yang akan dijalankan. Jika kondisi yang diperiksa bernilai benar maka pernyataan yang pertama akan dijalankan dan jika kondisi yang diperiksa bernilai salah maka pernyataan yang kedua yang akan dijalankan.

Bentuk Source :

If (kondisi)

Pernyataan_1;

Else

Pernyataan_2;


c. Struktur Kondisi IF Bersarang

If bersarang merupakan bentuk dari suatu pernyataan if (atau if-else) berada dalam if itu sendiri. If bersarang mengecek pernyataan dalam if kemudian dilakukan pengecekan lagi sampai selesai melakukan pengecekan.

Bentuk Source :

If (kondisi)

Pernyataan_1;

Else

if(kondisi)

Pernyataan_2;

pernyataan_3;


d. Struktur Kondisi Switch Case

Struktur kondisi ini biasanya digunakan untuk menyelesaikan kondisi dengan kemungkinan terjadi cukup banyak atau secara kasar proses logika yang sama dan kemungkinan logika tersebut banyak. Struktur ini akan melaksanakan salah satu dari beberapa pernyataan case tergantung nilai dari kondisi variabel dalam switch. Selanjutnya proses akan berlangsung atau berlanjut hingga ditemukan pernyataan break. Jika tidak ada nilai kondisi pada case tidak ada yang sesuai dengan kondisi nilai pada switch maka proses yang akan dijalankan adalah baris default. Struktur kondisi ini merupakan penyederhanaan dari struktur kondisi if, dimana apabila terjadi banyak kondisi logika yang sama dan jumlah perbandingan variabelnya banyak sehingga disederhanakan dengan struktur kondisi switch case. Struktur kondisi switch case sering digunakan untuk membuat menu, conversi hari, bulan, dan lain-lain.

Bentuk Source :

switch (kondisi)

{

Case nilai_kondisi1 : {

Pernyataan_1;

Pernyataan_2;

Break;

}

Case nilai_kondisi2 : {

Pernyataan_1;

Pernyataan_2;

Break;

}

………..

………..

Case nilai_kondisin; {

Pernyataan_1;

Pernyataan_2;

Break;

}

Default : pernyataan;

}

sumber : dickynd.wordpress.com

2 komentar:

ppob mengatakan...

sip dach
entar kita coba..

Dzoee mengatakan...

okeh :D silahkan di coba

Posting Komentar

Silahkan beri komentar dengan bijak dan jangan sampai komentar anda masuk dalam {COMMENTS SPAM}. Thanks