Kamis, 20 Januari 2011

Statement Perulangan dalam pemograman c++ menggunakan perulangan while, perulangan do while, dan perulangan for

Statement Perulangan dalam pemograman c++ menggunakan perulangan while, perulangan do while, dan perulangan for untuk borland c++
Statement perulangan merupakan perulangan dengan pengecekan logika dan apabila bernilai benar maka perulangan akan dijalankan dengan perubahan nilai perulangan tertentu. Misalnya setiap perulangan memiliki step +1 dari setiap kali perulangan berlangsung. Statement perulangan biasanya digunakan untuk menghitung atau menyimpan data yang bertipe array. Dalam C++ struktur perulangan terbagi menjadi 3 yaitu perulangan while, perulangan do while, dan perulangan for.

Dalam setiap statemen perulangan, terdapat 3 struktur inti yakni inisialisasi kondisi, pengecekan kondisi, dan step dari perulangan. Inisialisasi kondisi merupakan pemberian nilai awal pada kondisi apabila dalam statement perulangan tidak terdapat ini maka akan terjadi error pada saat pengecekan kondisi perulangan. Pengecekan kondisi merupakan pengecekan kondisi perulangan dan apabila bernilai benar maka pernyataan akan dijalankan begitupula sebaliknya. Step perulangan merupakan memberikan perubahan kepada nilai kondisi sehingga pada saat pengecekan kondisi nilai dari kondisi akan bernilai salah, apabila step perulangan tidak ada, maka perulangan tidak akan berhenti.


1. Struktur Perulangan ”while”

Perulangan while merupakan perulangan dengan pengecekan kondisi dilakukan di awal perulanggan.

Bentuk Source

Inisialisasi Kondisi

While (kondisi){

Pernyataan

Step perulangan

}

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kondisi while pengujian kondisi dilakukan pada awal, sehingga apabila kondisi bernilai salah maka pernyataan tidak akan dijalankan sama sekali.

2. Struktur Perulangan ”do while”

Struktur perulangan do-while hampir sama dengan perulangan while, hanya saja struktur perulangan do while pengecekan kondisi perulangan dilakukan di akhir perulangan.

Bentuk Source

Inisialisasi Kondisi

Do{

Pernyataan

Step perulangan

}While(kondisi)

Seperti yang telah dijelaskan bahwa perulangan do while pengujian kondisi dilakukan pada akhir perulangan sehingga secara otomatis pernyataan masih akan dijalankan satu kali meskipun kondisi perulangan bernilai salah.

3. Struktur Perulangan ”for”

Bentuk Source

For(inisialisasi;kondisi;step)

pernyataan

Ket :

Inisialisasi merupakan keadaan kondisi awal perulangan

Kondisi merupakan syarat dari perulangan berhenti, dimana bila bernilai true maka perulangan berhenti.

Step merupakan kontrol yang mengatur perulangan berdasarkan nilai dari variabel kondisi..

Statement Perulangan dalam pemograman c++ menggunakan perulangan while, perulangan do while, dan perulangan for sumber dickynd.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar dengan bijak dan jangan sampai komentar anda masuk dalam {COMMENTS SPAM}. Thanks