Kamis, 29 September 2011

Cara Membuat Portable Slax di Flashdisk (membuat bootable FD)

 OS tanpa diinstal???? Tanpa partisi Hardisk pula??? Wah hebat tuh.. masih penasaran kan denan linux ini???? yuk lanjut baca…. Membuat Portable Slax di Flashdisk (membuat bootable FD)
undefined
Gak usah kebanyakan bicara dech langsung aja ke intinya yaw..
Hal-hal petama yang perlu disiapkan:
  1. Cemilan band kopi bagi yang suka. Biar klo cemas deg2ang kaget ato yang laen2 bisa sambil makan cemilan biar santai.
  2. Komputer dengan spesifikasi min: RAM 300MB (Gak usah pakekhardisk gak apa2 lho gak butuh). Selain itu bios support FD bootable
  3. FD minimal sebesar 256 MB. Apa saja mereknya terserah pokoknya FD jangan memory card. Pinjem punyae tetangga juga boleh.
  4. File ISO Slax yang telah di download. Download ISO slax di sini gan ALAMAT DOWNLOAD SLAX ISO
  5. Komputer sementara untuk buat Bootable FD dan untuk download Slaxnya, warnet juga boleh sekalian ngenet sekalian buat bootable FD.
  6. Software untuk mengemount/menjalankan/membuka file ISO-NYA, bisa menggunakan WINRAR terbaru, 7-Zip, Power ISO, Daemon Tools… ato laennya terserah lah pokoknya file isonya bisa dibuka.
  7. Dah itu aja jangan banyak2 buat pusing kepala nanti hohoooo….
Nah setelah semuanya ready ayok kita jalankan operasi kita… semangat! Yang ngantug minum kopi dulu… yang kebelet ke belakang dulu hahaaa….
Langkah2 buat bootable FD sebagai berikut:
  1. Tancapkan Fdnya broo…
  2. Buka file iso yang telah di download, pada kali ini aku menggunakan power iso. Nich isi file2 dari iso slax.
undefined
  1. Nah setelah membukanya extrack dan letakkan pada FD
undefined
  1. Setelah itu bukas folder boot di FD dan cari file yang namanya bootinst kemudian jalankan. Maka tiba2 akan muncul Slax Boot Installer. Tekan enter untuk menginstal FD Bootable slax-nya, kalo ada konfirm tekan yes/y saja… tumggu bentar dan tralalaaa… FD kita dah jadi bootable. Untuk ngetestnya coba Ok’s, sekarang di restart komputer nya, lalu masuk ke BIOS dan setting first boot usb flashdisk. Semoga berhasil…
  1. Oh yaw FD ini masih dapat kita isi data2 laen sperti dokument dokument kita seperti hanya FD-FD biasanya pada umumnya lo….
Ok Sekian dulu yach tunggu tutorial berikutnya…

Menjalankan Portable Linux Slax di Flash disk bootable

Nah setelah flashdisk bootable selesai di buat maka yuk kita coba… lanjut gan… caranya gimana??? Gampang ikuti petunjuk nich..
  • Tancapkan FD ketika komputer masih mati
  • Hidupkan komputernya brooo lalu cepat2 tekan F12 Terus untuk memilih agar bios yang pertama kali di boot adalah flashdik boootable tersebut dan tekan enter.
  • Lalu setelah sistem membaca boot FD akan tertampil tampilan sebagai berikut
  • Pilih salah satu opsi pada beberapa pilihan tersebut:
Slax Graphics Mode (KDE): digunakan ntuk menjalankan slax dengan konfigurasi grafik masimum (disertai dengan efek tampilan), dan meload file2 sistem yang telah disetting sebelumnya memory yang dipakai FD.
Slax Always Fresh: Menjalankan Slax dengan sistem yang baru (masih seperti sediakala ketika pertama kali menggunakan slax) Memory yang dipakai FD.
Slax Copy to RAM: menjalankan slax dari RAM, jadi sistem dari slax akan diopy dahulu di RAM kemudian dijalankan langsung di RAM, sehingga sistim lebih cepat daripada kedua opsi di atas, tetapi pada opsi ini membutuhkan RAM minimal sebesar 300MB. Memory yang dipakai RAM.
Slax Graphics VESA Mode: Menjalankan slax mirip seperti opsi pertama tetapi di sini konfigurasi dari grafik Akan diabaikan sehingga tampilannya Akan terkesan lebih buram daripada yang pertama tetapi dalam segi kecepatannya lebih cepat opsi ini.
Slax Text Mode: Menjalankan slax dengan tampilan console linux, opsi ini biasanya digunaka untuk orang2 yang sudah lebih mahir dalam dunia linux, di sini kita bisa memodifikasi apa saja yang kita mau.
Slax as PXE Server: Opsi ini digunakan untuk menjalankan slax dengan kelebihan slax dapat diremote dari server lain.
Run Memory Test Utility: Opsi ini digunakan jika kesemua opsi2 di atas tidak mau dijalankan, opsi ini akan mengecek memory kita mengapa slax tidak bisa dijalankan.
  • Setelah memilih opsi2 di atas maka akn tertampil console hitam yang tulisannya ruwet kali yach tapi tenang itu loadingnya kug. Nich Previewnya.
undefined
  • Setelah loading selesai gui desktop yang sudah ready digunakan adalah sebagai berikut. Mau tau seperti apa???? Nich aku kasih gambarnya
Masih bingung dengan tampilan slax yang satu ini??? Apa saja fiturnya??? Nie kuberikan sedikit fitur2nya… (Masak harus dijelasin semua capeg deh… blajar sendiri dunk… hihiiii.. :P )
undefined
Nah mudahkan menjalankan slax… 
Keunggulan slax disini adalah kita TIDAK PERLU HARDDISK, jadi gak perlu partisi-partisian sgala, cukup dengan ram 300MB dan sebuah FD sebesar 256 MB sudah bisa menjalankan aplikasi edit gambar tulis dokumen dengan sangat mudah and akhirnya selamat mencoba……Cara Membuat Portable Slax di Flashdisk (membuat bootable FD)
source

1 komentar:

bosgentongs mengatakan...

hai gan kunjungan balik nieh :)

Posting Komentar

Silahkan beri komentar dengan bijak dan jangan sampai komentar anda masuk dalam {COMMENTS SPAM}. Thanks